Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

4 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa

Tuesday, November 11, 2014, 10:47 AM WIB Last Updated 2023-02-01T05:13:58Z
4 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa - Sebagai mahasiswa, sudah saatnya kamu menguasai beberapa kemampuan penting yang akan membantumu hidup mandiri dan lepas dari bayang-bayang orang tua, salah satunya adalah kemampuan mengelola keuangan

Tidak ada salahnya kamu menguasai kemampuan ini dari sekarang, paling tidak supaya di akhir bulan kamu bisa mencoret mie instan dari daftar menu utamamu. 

untuk mengelola atau Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa, bagi kalian-kaliam yang saat ini masih terdampar di bangku kuliah. Berikut cara sukses mengelola keuangan bagi mahasiswa :

 
4 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa
4 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa

1. Berhemat

Yang Pertama lakukan penghematan yang masih membuat kamu cukup nyaman. Kalau kamu termasuk individual yang sosial, carilah teman untuk berbagi kamar kos. Kalau kampus kamu tidak terlalu jauh dari rumah atau kos, cobalah berjalan kaki atau meminta teman yang searah menjemputmu.

Jaga kesehatan Biaya berobat bisa menjadi batu sandungan tersendiri dalam pengelolaan keuangan karena sifatnya yang tidak terduga. Oleh karena itu, biasakan diri untuk hidup sehat dan teratur. Tidurlah yang cukup, makan yang seimbang dan perbanyak minum air putih.

2. Buatlah Budget Bulanan

Catatlah semua pengeluaran dan pemasukanmu. Kalau kamu malas mencatat secara tradisional, coba deh aplikasi MoneyLover di handphone android kamu. Anggarkan dana untuk kebutuhan wajib seperti biaya kuliah, uang kos, uang buku dan uang makan. 

Setelah itu, anggarkan juga untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder seperti hiburan, pakaian dan tabungan. Jangan pernah malas untuk mencatat semua aktivitas keuanganmu, dan lakukanlah pengecekan di akhir bulan apakah anggaran telah sesuai dengan kenyataan? 

3. Bedakan KEBUTUHAN dan KEINGINAN

Selalu tanyakan pada diri sendiri jika kamu hendak membeli sesuatu, apakah barang tersebut memang kamu BUTUHkan atau hanya sekedar keINGINan? Sebisa mungkin jangan mengalah kepada dorongan spontan untuk membeli sesuatu. Pikir matang-matang dan sesuaikan dengan budget bulanan yang sudah kamu buat. 



4. Cari Pekerjaan Sampingan
Kewajiban utamamu adalah belajar, tidak ada salahnya mencoba untuk mulai menghasilkan uang sendiri. Cobalah mencari pekerjaan part-time ataupun freelance yang masih memungkinkan untuk fokus pada pendidikan. 

Kamu bisa coba melamar menjadi asisten lab, ikut serta dalam riset kampus atau riset marketing komersial.

Nah, itulah artikel cara jitu mengelola keuangan bagi mahasiswa, semoga bermanfaat!
ADVERTISE



Komentar

Tampilkan




  • 4 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa
  • 0

Terkini

Iklan