Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cara Menjinakkan Burung Paruh Bengkok ( Nuri, Betet, Kakaktua) yang Liar menjadi Jinak

Saturday, November 1, 2014, 11:30 AM WIB Last Updated 2023-01-01T12:31:44Z
Cara Menjinakkan Burung Paruh Bengkok ( Nuri, Betet, Kakaktua) yang Liar - Cara Merawat Burung Paruh Bengkok Agar Jinak dan Tidak Terbang seperti burung, Betet, Nuri, Burung Kakak tua atau burung paruh bengkok lainnya yang terkenal sebagai burung cerdas dan bisa dilatih.  
Anda tentu pernah lihat ada burung nuri, betet, Kakak tua yang bisa naik sepeda atau pandai berhitung. Tentunya kita punya kebanggan tersendiri saat burung paruh bengkok kesayangan kita sangat menurut pada kita bahkan tidak terbang meski di kaki nya tidak dirantai. 
burung nuri kepala hitam paruh kuning
Ilustration flickr
Jika melihat potensinya, tentu sayang bila burung betet, nuri atau burung kakak tua kita hanya bisa berdiam diri / hanya bertengger saja di tangkringannya dan hanya bisa berteriak teriak saja xixixi...
Taukah sobat semua, jika sebenarnya kalau burung kita tersebut dilatih dalam waktu tidak terlalu lama burung nuri atau betet kita akan bisa jinak.   
Yang dimaksud burung jinak bukan berarti burung diam saja ketika dipegang, atau mendekat kalau didekati orang.  Definisi Burung jinak secara umum adalah burung yang bebas dari tekanan dari sekitarnya, burung yang tidak takut lagi kepada makhluk hidup di sekitarnya terutama terhadap manusia, terkhusus kepada pemilik nya.
Sebetulnya banyak sekali cara untuk menjinakkan burung nuri / burung paruh bengkok lainnya, burung bisa jinak dalam waktu lama juga bisa dipercepat asalkan kita sebagai pemilik sabar dan konsisten untuk proses penjinakkannya.
cara menjinakkan burung nuri ternate cara menjinakkan burung nuri tanau cara merawat burung nuri abu-abu afrika cara merawat anakan burung nuri bayan cara menjinakkan burung nuri ekor panjang cara menjinakkan burung hantu cara merawat burung nuri kepala hitam cara merawat burung nuri hijau cara merawat anak burung nuri kepala hitam cara merawat burung nuri merah
info-seputar-burung
Nah berikut Cara menjinakkan burung Nuri Betet (Paruh Bengkok) yang liar :
1.  Faktor Kandang Burung Nuri
Faktor utama adalah kandang, Kandang tertutup kurang efektif untuk menjinakkan burung nuri.  
Sebaiknya gunakan kandang terbuka dengan mengandalkan rantai sebagai pengamannya di satu sisi kakinya. Jika burung nuri / paruh bengkok anda sangat liar, sebaiknya anda letakkan di tempat ramai atau di bagian rumah yang sering dilewati angkota keluarga. 
Hal ini bertujuan agar burung nuri anda  terbiasa dengan manusia di sekitar rumah / lingkungan tempat anda tinggal, jangan justru digantung di tempat tersembunyi karena Anda takut burung akan kelabakan. 
Jika burung nuri kelihatan takut / gugup sebaiknya diletakkan / di gantung di tempat yang agak tinggi selama seminggu kemudian posisi agak diturunkan. Lakukan selama sepekan, turunkan lagi, sepekan mendatang turunkan lagi sampai posisi normal pada umumnya.

2.  Burung Nuri Rajin Dimandikan
Biasanya saya memandikan burung nuri dengan cara disemprot pakai semprotan sampai si burung basah kuyup. 
Nggak masalah dia kelabakan kesana-kemari saat disemprot. Benar-benar basah kuyup sampai menggigil kedinginan dansi burung nggak kelabakan lagi. 
Biarkan dulu dia di kandang nya, sampai bulu agak kering lalu angin anginkan si burung.

Ada beberapa fungsi memandikan burung nuri sampai ia basah kuyup :
A. Mempercepat rasa lapar. Pada saat basah kuyup nuri akan merasa lapar bukan karena kekurangan nutrisi, beda kan kalau kita memang sengaja tidak memberi pakan burung secara rutin atau cukup, yang dalam hal ini burung benar-benar kekurangan semua nutrisi. Kalau dengan memandikan, maka rasa lapar hanya disebabkan dia terlalu banyak membakar karbohidrat untuk memanaskan tubuh.

B. Dalam proses penjinakan ketika burung basah kuyup kita dapat memberikan pelajaran bahwa meskipun nuri hanya bisa diam, manusia yang berlalulalang disekitarnya bukanlah ancaman.

3.  Pemberian Makanan Pada Burung Nuri
Ketika lapar maka semua burung akan semakin merasa tergantung pada kita / pemiliknya. Memang kelemahan burung peliharaan ada pada perutnya, pada saat memberikan makanan adalah moment yang tepat untuk menjinakkan burung nuri anda. 
Untuk menghindari patukan si burung nuri awalnya saya memberikan makanan dengan menggunakan lidi, semakin lama lidi semakin pendek, kemudian kita coba deh taruh makanan di tangan kita. 
Kalau si burung nuri sudah mulai berani mendekat bahkan makan langsung dari tangan kita itu udah tanda -tanda si nuri sudah mulai agak jinak.
Setelah si burung nuri mulai akrab coba lepasin itu burung nuri, tapi dengan syarat kasih rantai yg agak berat biar dia bisa jalan tapi ngak bisa terbang. 
Nah kalau udah sampai tahap ini, sering-seringlah si nuri kasih makan langsung dari tangan kita lama lama si burung nuri akan naik ke badan kita, boleh dibilang udah jinak dan nggak bakal terbang karena si burung sudah mulai nyaman dengan kita / keadaan.
Nah itulah sejumlah cara untuk menjinakkan burung nuri dan bisa di terapkan ke burung paruh bengkok lainnya. 
Kalau ketiga cara itu bisa kita lakukan bersamaan, maka dalam waktu tidak sampai 1 bulan burung paruh bengkok yang liar sudah jadi relatif jinak.
Selamat mecoba, admin doakan burung paruh bengkok kalian akan cepat jinak, tapi perlu digaris bawahi bahwa ketekunan sangatlah diperlukan dalam proses menjinakkan burung paruh bengkok ini.
ADVERTISE



Komentar

Tampilkan




  • Cara Menjinakkan Burung Paruh Bengkok ( Nuri, Betet, Kakaktua) yang Liar menjadi Jinak
  • 0

Terkini

Iklan