Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cara Menjinakkan dan Merawat Burung Nuri Agar Cepat Bisa Bicara

Saturday, November 1, 2014, 12:08 PM WIB Last Updated 2022-11-29T03:54:49Z
Cara Merawat Burung Nuri Supaya Cepat Bisa Bicara - Selamat malam sobat, pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana  cara menjinakkan danmerawat burung nuri agar cepat bisa bicara, tentunya kalian sudah pada tau semua kan dengan jenis burung yang satu ini.

Yah burung nuri ini mempunyai nilai lebih dari pada burung burung yang lain, karena burung ini tergolong burung yang cerdas daripada burung yang lain nya dan burung nuri ini juga bisa berbicara dan bersiul seperti layaknya manusia. 

Sangat disayangkan jika kita memelihara burung Nuri tetapi cuma dapat di jadikan tontonan dirumah.

Biasanya ada orang yang membeli burung nuri ini dalam keadaan tua atau hasil tangkapan dari hutan sehingga hasil nya burung nuri tsb sangat liar dan galak, bukan tidak mungkin spontan burung nuri ini akan mematok bagi siapa saja yang ingin menyentuhnya atau mendekati nya karena si burung merasa terganggu.


Cara Menjinakkan dan Merawat Burung Nuri Agar Cepat Bisa Bicara

Namun janganlah cemas saya dulu juga sempat merasakan perihal yang sama saat pertama kali membeli burung Nuri yang saya dapat dari memesan kawan saya yang dari irian. 

Apalagi pada saat kakinya mau saya kasih rantai untuk menyentuhnya pun saya dan kawan kawan mesti menggunakan dua lapis sarung tangan supaya tidak di patok. 

 

Burung jinak yang saya maksud bukan hanya bermakna burung menurut saja saat dipegang, atau mendekat bila didekati orang. Burung jinak dengan umum yaitu burung yang bebas dari tekanan di sekelilingnya, burung yang tidak takut lagi pada makhluk hidup di sekelilingnya terlebih pada manusia. 

Sebenarnya cara menjinakkan burung kunci nya ada pada diri kita sendiri, bagaimana kita memperlakukan nya,sebenernya burung juga sudah mengerti kalo kita bener bener menyayanginya dan memperlakukan nya secara istimewa,maka hasil nya si burung tersebut juga ngerti dan akan nurut sama kita dan sering berkicau. 

Cara Menjinakkan dan Merawat Burung Nuri Agar Cepat Bisa Bicara


Coba saja kalo si burung tersebut kalian perlakukan secara kasar atau pola makan nya yang tidak teratur,saya jamin burung apapun itu juga tidak akan berbunyi dan nurut dengan kalian, atau bisa saja sewaktu kalian dekati burung tersebut akan ketakutan dan menabrak nabrakan dirinya ke sangkar, kalo untuk burung nuri sendiri biasanya dia akan teriak teriak kalo di dekatin. 


Nah langsung saja, berikut Cara Menjinakkan dan Merawat Burung Nuri Agar Cepat Bisa Bicara.


1. Bentuk Kandang
Untuk jenis burung nuri, kandang tertutup kurang efisien untuk menjinakkan burung seperti burung Nuri. 

Baiknya pakai kandang terbuka,kalian bisa buat dari pipa besi kecil dibentuk persegi atau dari kayu rotan yang berbentuk setengah lingkaran.

Lalu gunakan rantai kecil sebagai pengaman untuk di ikatkan ke tali nya,gunakan batok kelapa yang sudah di potong berbentuk persegi kecil lalu lubangi atas bawah nya, lubang yang atas untuk di masukkan di kaki burung, dan lubang yang bawah untuk di kaitkan di kaki nya, saya sarankan jangan memakai besi karena besi bisa berkarat dan pada akhirnya melukai kaki burung nuri anda. 


Bila burung Nuri amat liar, baiknya ditempatkan di area ramai atau sisi rumah yang kerap dilalui anggota keluarga,atau jika di rumah ada toko gantunglah atau tempatkanlah burung nuri tersebut disitu. 

Cara ini bertujuan untuk melatih burung supaya bisa membiasakan diri dengan orang dan bisa mendengar bicara orang orang dan lama kelamaan pasti si burung akan mencerna dan menirukan kata kata orang yang sering ia dengar. 

Janganlah justru digantung di area tersembunyi yang tidak pernah dilalui orang,dikarenakan anda takut burung akan kelabakan. Bila Nuri masih terlihat takut/gugup baiknya ditempatkan agak tinggi,jika si burung sudah bisa menyesuaikan dengan keadaan, sepekan kemudian lantas posisi nya agak diturunkan. 

Sepekan, turunkan lagi, sepekan mendatang turunkan lagi hingga posisi normal.

2. Memandikan Burung Nuri
Mandikanlah burung Nuri setiap hari dengan cara disemprot hingga basah kuyup, tapi ingat jangan disemprotkan tepat di bagian telinga nya,karena telinga burung nuri itu lebar, Tidak masalah dia kelabakan kesana-kemari waktu disemprot.

Setelah burung nuri kalian betul betul basah kuyup,jemur dan tempatkan dia di area yang terkena sinar matahari,jika sudah kering bulu nya angkat dan pindah kan di toko atau tempat yang sering di lalui orang,di atas pintu misalnya.

3. Pemberian Makanan Burung Nuri

Saat lapar atau makanan nya habis maka burung nuri akan teriak teriak,jadi dapat dikatakan soal makanan nya bergantung pada kita. 

Memanglah kelemahan burung peliharaan ada pada perutnya, pada waktu memberikan makanan yaitu moment yang pas untuk menjinakkan Nuri anda. 

Untuk menghindari patukan si burung awalnya saya berikan makanan menggunakan lidi, makin lama lidi makin pendek, terakhir cobalah taruh makanan di tangan kita. 

Bila telah berani dia mendekat serta makan di tangan kita itu sinyal si nuri sudah mulai jinak, namun janganlah terburu-buru.

Berikut video burung Nuri jinak sedang bermain main dengan burung love bird :

 
Credit Video : Ch Mitt Tv

Sesudah mulai akrab lepasin itu burung Nuri, namun kasih rantai dan kasih pemberat agar dia dapat jalur namun tetap gak dapat terbang. 

Nah bila telah sampai step ini biasakan burung kerap dikasih makan dari tangan kita, dan lama kelamaan naik tuh burung ke badan, bisa disebut telah jinak dan tidak akan terbang. 

Namun anda harus tetap berhati-hati soalnya sejinak-jinaknya burung dia masih mempunyai naluri burung yang mau tebang bebas.

Nah berikut sedikt tips cara merawat burung nuri supaya cepat bisa bicara, semoga bermanfaat bagi pembaca blog ini. Terimakasih.

Cara Menjinakkan dan Merawat Burung Nuri Agar Cepat Bisa Bicara 
tagsburung nuri kepala hitam bicara,suara burung nuri kepala hitam bicara,download suara burung nuri kepala hitam bicara,burung nuri kepala hitam bisa bicara,nuri kepala hitam dilindungi,harga burung nuri kepala hitam,nuri kepala hitam harga,nuri kepala hitam,burung nuri lirik,burung nuri dilindungi,nuri kepala hitam paruh kuning,suara burung nuri pelangi.
ADVERTISE



Komentar

Tampilkan




  • Cara Menjinakkan dan Merawat Burung Nuri Agar Cepat Bisa Bicara
  • 0

Terkini

Iklan