Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Relaksasi Suara Hujan, Benarkah Bisa Membantu Tidur, Mengantuk dan Menyembuhkan Insomnia?

Wong Ndeso
Friday, January 6, 2023, 12:42 PM WIB Last Updated 2023-01-29T23:59:23Z

Relaksasi Suara Hujan, Benarkah Bisa Membantu Tidur, Mengantuk dan Menyembuhkan Insomnia? - Pada sebagian orang di luar suara air hujan biasanya dipakai sebagai media untuk membantu mereka agar cepat bisa tertidur. Selain itu, suara rintik air hujan juga sering digunakan dalam mengurangi perasaan cemas dan relaksasi yang membutuhkan ketenangan.


Lalu, Apa hubungannya? Apa benar suara air hujan mampu atau bisa memengaruhi pikiran ataupun emosional seseorang?


rain sounds baby, rain sounds background, rain sounds baby sleep, rain sounds bamboo, black screen rain sounds, baby rain sounds, benefits of listening to rain sounds, best free rain sounds app, best rain sounds for sleeping, best rain sounds, birds and rain sounds, rain sounds copyright free, rain sounds cozy cabin, copyright free rain sounds, can you monetize rain sounds on youtube, cozy rain sounds,relaksasi suara hujan dan petir, suara hujan mp3, suara hujan deras, suara hujan untuk tidur mp3, suara hujan dan guntur, efek suara hujan, suara hujan dan petir mp3, putar suara hujan,
Pict by Istock


Kaitan Suara Hujan dengan Emosional

Banyak sebagian orang diluar yang menghubungkan suara hujan dengan kondisi emosional. Lalu bagaimana menurut dunia medis?


  • Dampak Positif  dari Suara Hujan

Menurut sebuah studi yang dibuat di tahun 2016, suara hujan dapat memberi sebuah energi positif bagi beberapa orang yang mendengarkannya. Emosi positif ini muncul karena aroma hujan dapat membuat indera penciuman berinteraksi dengan memori-memori indah di masa lalu yang pernah dilalui.



Para ahli menyebutkan, aroma dari suara hujan pertama kali akan diproses oleh struktur otak yang berkaitan dengan indra penciuman, yakni bulbus olfaktorius (olfactory bulb). Bulbus olfaktorius memiliki koneksi langsung ke bagian otak dan terkait erat dengan pembentukan emosi dan memori, yaitu amigdala serta hipokampus.


Berkat dampak positif inilah suara hujan sering dijadikan pengisi suara dalam video relaksasi dan meditasi yang banyak di upload oleh sebagian orang di media sosial contohnya di youtube. Alasannya bunyi 

hujan memiliki pola yang teratur dan dapat diprediksi. Lalu, suara ini diproses oleh otak sebagai suara yang memberikan ketenangan di saat mendengarkannya.


  • Dampak Negatif dari Suara Hujan

Jika tadi yang dibahas dampak positif dari suara hujan kali ini adalah dampak negatif dari suara hujan, efek dari suara hujan belum tentu sama yang dirasakan oleh sebagian orang, karena ada juga kemungkinan suara hujan memiliki dampak negatif  bagi orang tertentu.


rain sounds relaxing rain sounds free rain sounds for sleeping heavy rain sounds relaxing rain sounds for sleeping calming rain sounds free rain sounds thunder and rain sounds soft rain sounds thunderstorm rain sounds rain sounds app rain sounds and thunder rain sounds asmr rain sounds alexa rain sounds and music rain sounds audio rain sounds amazon music asmr rain sounds ambient rain sounds alexa rain sounds not working are rain sounds good for sleep rain sounds black screen rain sounds by sleep jar rain sounds benefits
Pict by Istock

Sebagai contoh, ada unsur lain dalam  hujan diantaranya seperti angin, petir yang menggelegar, mungkin saja bagi sebagian orang yang mendengarkan suara hujan di sertai petir akan memicu kecemasan dan ketakutan bagi orang tersebut.


Lalu Apa Benar Suara Hujan Bisa Membuat Orang Cepat Untuk Tertidur?


Suara hujan masuk dalam sebuah kategori white noise. White noise adalah hasil kombinasi dari frekuensi suara yang dapat membantu untuk menutupi suara kebisingan lain dari luar. 



Bisa membuat orang cepat tidur, jenis suara hujan ini kerap digunakan dalam menangani pasien insomnia dikarenakan dengan mendengarkan suara ini si penderita insomnia bisa merasakan suatu perasaan yang rileks dan merasakan akan ketenangan.


Bagi kalian yang mengalami susah tidur di malam hari atau suka mengantuk di waktu malam namun susah sekali untuk tertidur tidak ada salahnya untuk mencoba terapi mendengarkan suara air hujan, berikut suara air hujan yang saya ambil dari video youtube (Mitt Tv), semoga dapat membantu sobat semua untuk mengusir insomnia.


ADVERTISE



Komentar

Tampilkan




  • Relaksasi Suara Hujan, Benarkah Bisa Membantu Tidur, Mengantuk dan Menyembuhkan Insomnia?
  • 0

Terkini

Iklan